Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

SOAL OSP KEBUMIAN TAHUN 2019

OSK KEBUMIAN 2019 - Berikut admin akan membagikan soal Olimpiade Sains Nasional Tingkat Provinsi bidang kebumian tahun 2019 untuk jenjang SMA (OSP Kebumian tahun 2019 tingkat SMA), semoga postingan ini bermanfaat bagi sobat sekalian yang sedang mencari soal untuk belajar guna meningkatkan pengetahuan di bidang kebumian. Berikut adalah Soal OSP Kebumian tahun 2019 yang ditulis ulang oleh tim juara pendidikan.

SOAL OSP KEBUMIAN TAHUN 2019

SOAL UJIAN
SELEKSI CALON PESERTA OLIMPIADE SAINS NASIONAL 2019 
TINGKAT PROVINSI 

IKLIM INDONESIA

Indonesia yang terkenal sebagai negara dengan  tetak geografis yang sangat istimewa, mempunyai kondisi iklim yang  kompleks dengan  3 tipe  hujan, yaitu tipe ekuatorfal, tipe monsun  dan  tipe lokal.  Kondisi ini disebabkan karena  selain  terletak  di Ekuator,  Indonesia  diapit  oleh  2  benua  di utara  dan selatan  serta  2 lautan di timur dan barat.

Dengan  perbandingan  luas  daratan  dan laut,  sekitar  30:70,  Indonesia  merupakan  wilayah dengan  suhu muka  laut  dan kelembaban yang selalu  tinggi.  Kelebihan  energi  ini  harus didistribusikan  ke daerah  yang defisit energi melalui sirkulasi atmosfer dan arus laut.


Pergerakan  masa  udara  yang  melewati  wilayah  Indonesia,  jika  berasal  dari  daratan  Asia, udara  akan membawa uap air yang banyak  dan Indonesia akan  memasuki musim  penghujan;  sedangkan jika  berasal dari daratan Australia akan bersifat kering dan  kita  memasuki musim  kemarau.  Bidang pertemuan dua massa udara yang berbeda disebut front, dan dalam peta cuaca ditunjukkan oleh garis potong bidang  fron dengan  permukaan Bumi.

Pilihan Ganda

1.  Menurut kesetimbangan neraca energi permukaan bumi,  ada wilayah di permukaan bumi yang selalu mengalami  surplus  energi  dan  sebaliknya  ada  yang selalu  defisit.  Mulai  dart  lintang berapa  ke arah kutub yang selalu defisit energi?
a. sekitar 23,5° LU dan LS

b. sekitar 30° LU dan LS 
c. sekitar 40° LU dan LS 
d. sekitar 65° LU dan LS 
e. b dan c benar

2. 1TCZ atau  Inter Tropical Convergence Zone merupakan ..
a. sabuk awan di atas ekuator yang berasosiasi dengan  pusat tekanan tinggi
b. sabuk awan di daerah  tropis yang selalu bergerak mengikuti pergerakan matahari
c. sabuk  awan  di  atas  ekuator  yang  terbentuk  akibat  pertemuan  massa  udara  panas  dari  utara dengan  masa udara dingin  dari selatan
d. sabuk awan yang terbentuk ketika udara dingin dari tropopaus bergerak turun
e.  tidak  ada jawaban yang benar  

3. Lapisan  atmosfer  yang sifat-sifat  fisik  dan dinamisnya  masih dipengaruhi  oleh  kondisi  topografi disebut ...
a. lapisan residu (residual layer)
b. lapisan  batas (boundary layer)
c. lapisan  kancpi (canopy layer)
d. lapisan kekasaran  (roughness layer)
e. lapisan translst (transition layer)                                                                                                     

4. Terdapat  2  jenis fron oklusi yaitu oklusi panas dan oklusi dingin, yang bukan termasuk karakter fron oklusi dingin adalah ..
a. hujan lebat akibat udara  panas dan lembab terangkat secara cepat oleh oklusi
b. udara dingin (cold)  menabrak udara yang kurang dingin (cool)
c. awan yang terbentuk adalah awan stratus
d. untuk Eropa  Barat, oklusi dingin adalah yang paling terjadi di  lnggris 
e. udara dingin diangkat secara  paksa ke atas permukaan fron panas

5. Awan  akan   terbentuk   apabila   terdapat   proses   pengangkatan   udara.   Terdapat   beberapa   tipe pengangkatan  udara yang menyebabkan terjadinya awan  ..  (pilih yang paling benar)
a. pengangkatan frontal
b. pengangkatan orografis 
c. pengangkatan konveksi 
d. a dan b benar
e. a, b, dan c benar

6. Parameter apakah yang perlu diperhatikan saat menganalisa fron dalam peta synoptic?
a. suhu
b. dew point
c. kelembaban
d. a,b benar
e. a, b dan c benar

7. Hal  penting yang terkandung dalam" kesetimbangan hidrostatis"  adalah ..
a. menghentikan gerakan naik dan turun parsel udara sedemikian rupa sehingga gerak vertikal yang kuat tidak terjadr
b. mencegah molekul udara meninggalkan atmosfer bumi
c. menyebabkan udara  hanya bergerak secara horizontal 
d.   a dan b benar
e. a, b, dan c   salah

8. Siklon  lintang  menengah  mempunyai  peran yang sangat  penting  dalam  menjaga kesetimbangan temperatur permukaan bumi melalui mekanisme ..
a. pelepasan panas laten yang besar ke arah kutub
b. mendorong udara  panas ke arah  kutub dan sebaliknya udara dingin ke arah ekuator
c. terjadi subsidens di pusat tekanan rendah sehingga suhu udara  meningkat 
d. percampuran udara antara lintang tinggi dan lintang rendah
e. a, b, dan c benar

9. Apabila  terdapat  pusat  tekanan  rendah  (L)  dan tekanan  tinggi  (H)  di  Belahan  Bumi  Utara  yang membentuk pola sinusoidal, apakah istilah untuk masing-masing pusat tekanan tersebut dan bagaimana arah gerak udaranya?
a. L = Ridge, searah jarum jam dan H = Trough, berlawanan arah jarum jam
b. L = Ridge, berlawanan arah jarum jam dan H  = Trough, searah jarum jam 
c. L = Trough, searah jarum jam dan H = Ridge,  berlawanan  arah jarum jam
d. L = Trough, berlawanan arah jarum jam dan H =  Ridge, sea rah jarum jam
e. L = Trough, berlawanan jarum jam dan H  = Ridge, berlawanan jarum jam

10. Pada  model bumi yang tidak berotasi, akan terbentuk sistem sirkulasi udara .. 
a. sel tunggal yang disebut sel Hadley
b. sel tunggal yang disebut sel  Ferrel
c. sel tunggal yang disebut sel Walker
d. sel ganda yang disebut sel  Hadley dan sel Ferrel
e. tripel sel yang disebut sel  Hadley, sel Ferrel dan sel Kutub

11. Angin yang bergerak sejajar dengan isobar karena keseimbangan antara gaya Coriolis dan gaya gradien tekanan disebut angin ..
a. ageostropik 
b. gradien
c. geostropik
d. siklonik
e.  antisiklonik

12. Di sebelah barat dari pegunungan Bukit  Barisan di Sumatera, apabila saat di Jawa  mengalami musim kemarau, curah hujannya tetap lebih ... karena pengaruh ..
a. banyak, orografi 
b. sedikit, orografi
c. sama saja, tak dipengaruhi  keberadaan pegunungan 
d. tidak beraturan, angin gunung
e. tidak beraturan, angin darat

13. Starting from Java Island to the Leser Sunda  Island, the average rainfall will be .... because the influence of dry air mass from Australia.
a. same
b. increase
c. fluctuated
d. decrease
e. random

14. Setiap gas rumah kaca mempunyai dampak yang berbeda terhadap panjang gelombang radiasi yang sampai padanya. Uap air akan lebih banyak menyerap ..
a. spektrum gelombang pendek
b. spektrum gelombang panjang 
c. radiasi gelombang tampak
d. semua  panjang gelombang
e. sama sekali tidak menyerap  panjang gelombang panjang dan pendek karena bukan merupakan gas rumah kaca

15. Kolom  udara  yang  berputar  kencang  yang  membentuk  belalai  dan  berhubungan  dengan awan kumulonimbus dan tidak menyentuh tanah disebut..
a. Tornado
b. Waterspout 
c. Funnel cloud 
d. Eddies
e. Turbulens 


Esai  Meteorologi

1.    Pada   saat   cahaya   Matahari   memanaskan   permukaan   air,   maka  air  akan   menguap   dan meningkatkan  kelembaban atmosfer.  Ketika  udara  lembab yang panas bergerak naik,  udara akan mengalami  pendinginan  dan akhirnya terkondensasi  ketika suhunya mencapai temperatur titik embun. Pada kedua proses terjadi penyerapan panas laten, penguapan dan pelepasan panas laten kondensasi.  Hasil  observasi   menunjukkan,  suhu  udara  20°C,   kelembaban  relatif  80%  dan temperatur titik embun  10°c. Jika diketahur kandungan uap air jenuh  pada suhu 20°c dan 10°c, masing-masing  14,85  g/kg  dan  7,76  g/kg  serta  panas  laten  spesifik  kondensasi ~ 2500  J/g, hitunglah  besar  panas  taten  yang  dilepaskan  satu  satuan  massa udara  pada  saat  terjadi kondensasi.

DINAMIKA WILAYAH  PANTAI

Wilayah  pestsir pantai dan perarran taut sering drgunakan  untuk tujuan wisata baik wrsata asing maupun wisata domestik. Pesisir pantar dapat dikategonkan sebagai pesisir berpasir, pesisir berbatu, pestsfr bermangrove. Oleh  karena itu obyek  wisata tergantung kondisi obyek  wisata pesisirnya. Sebagat contoh pesisir  bermangrove  digunakan  untuk  wisata  menyusuri  tengah   hutan  mangrove  beserta  habitatnya. Pesisir berpasir digunakan untuk tujuan wisata  surfing,  mandi  di  pantai  dan  sebagainya.   Perairan  laut terumbu karang untuk wisata selam dan snorkeling. Secara oseanografis wisata pesisir pantai sangat dipengaruhi oleh kondtsi kelandaian pantai, jenis batuan secirnen pantai, gelombang pecah di pantai, arus susur pantai  (longshore current), arus retas pantai  (rip current).

Fenomena hanyut dan hilangnya wisatawan yang bermain dan mandi di pesistr  pantai berpasir disebabkan oleh  fenomena gelombang pecah  di pantai  yang  menyebabkan adanya  arus  undertow yang disebabkan oleh adanya rip current. Pengertian garis pantai adalah garis batas pertemuan antara daratan dan air laut, dimana  posismva tidak  tetap dan  dapat bergerak sesuai dengan  pasang  surut air laut.  Perubahan garis pantai dapat terjadi di daerah zona pesisir disebabkan o!eh proses erosi, pengikisan (denudation), pengendapan (deposition) oleh  pasang surut dan arus akibat dari gelombang (rip current dan longshore current). Pengertian pesisir adalah daerah daratan di tepi laut yang yang masih mendapat pengaruh laut seperti pasang surut, angin laut dan pembesaran air laut.

16. Berdasarkan  nilai  perbandingan  antara  keda!aman  perairan    laut  (d)  dan  panjang  gelombang  (L), menurut  klasifikasi  lppen  (1996); dikatakan gelombang laut dangkal apabila ..
a. 0,05 < d/L < 0,5
b. d/L ≥ 0,05
c. d/L  ≤ 0,5
d. d/L ≥ 0,05

e. d/L < 0,5

17.   Gelombang  laut  dalam  pada kedalaman  perairan  laut tertentu  (d)  dan     mempunyai  nilar tinggi gelombang (Ho)  dan  periode gelombang  (T),  panjang gelombang  (Lo)  maka ge!ombang tersebut mempunyai ru!ai kecuraman gelombang sebesar ..
a. Ho/T
b. Ho/T2
c. Ho/Lo
d. Lo/Ho
e. Lo/Ho2


18. Peralatan  otomatis  yang  dipergunakan  untuk  mengukur  arus  laut  secara  digital  pada  berbagai kedalaman dinamakan ...
a. ADCP (Automatic Direct Current Propeller)
b. ACP (Automatic Current Propeller)
c. ADCP (Automatic Dopller Current Propeller)
d. ADC (Automatic Doppler Current)

e.  ADCP (Automatic Digital Current Propeller)

SOAL OSP KEBUMIAN TAHUN 2019
19.  Proses yang  terjadi  di  pantai  berpasir  dimana juga  terdapat  muara  sungai  dapat  mengakibatkan interaksi yang besar antara debit sungai dan gelombang pecah pantai. Gelombang pecah yang datang menyudut lancip terhadap garis pantai akan membangkitkan arus sejajar pantai yang mcmbawa sejumlah sedimen,  sehingga  terjadi endapan sedimen  pasir yang  bentuknya  memanjang di  mulut sungai.  Bentuk morfologi semacam ini  dinamakan  
a. tombola 
b. nehrung 
c. spit
d. tanggul pantai
e. delta


20. Terumbu karang merupakan ekosistem perairan dangkal yang banyak dijumpai di sepanjang perairan pantai  yang  beriklim  tropis.   Pembentukan  terumbu  karang  merupakan  proses  yang lama  dan kompleks. Berikut ada1ah faktor-faktor yang dapat mempengaruh1 pertumbuhan terumbu kecuali ..
a. suhu
b. cahaya
c. salinitas
d gelombang
e. sedimentasi

21. Gelombang laut dalam menjalar ke pantai mengalami proses pendangkalan gelombang. Oleh karena itu sifat gelombang akan mengalami perubahan sebagai berikut..
a. panjang gelombang akan  mengalami  pemanjangan,  sedangkan   tinggi  gelombang akan  semakin tinggi  juga
b. panjang  gelombang laut akan  mengalami pemendekan tetapi  tinggi  gelombang akan  mengalami
peninggian
c. panjang  gelombang  akan  mengalami  pemendekan  sedangkan  kecepatan  gelombang  semakin melemah/rendah
d. tinggi  gelombang akan semakin tinggi  tetapi  kecepatan gelombang akan melemah/rendah
e. panjang gelombang meninggi, tinggl  gelombang meninggi dan periode gelombang meninggi

22 Gerakan gelombang dan pasang surut relatif sama yaitu gerakan natk turun muka air laut, akan tetapi terdapat  perbedaan yaitu ..
a. arus  pasang surut  bersifat searah sedangkan arah aarus gelombang dua arah  bolak balik
b. periode pasang surut lebih kecil dari  pada periode gelombang
c. arus pasang surut kecepatan  lebih besar dan pada kecepatan gelombang
d. tinggi kenaikan  muka air laut pasang surut lebih  besar dari  pada gelombang 
e. energi  pasang surut lebih  besar dari pada energi gelombang

23. Dalam  penentuan  tipe  pasang surut  kita  harus  memperhatikan  faktor  komponen  pasang  surut, dimana dari komponen tersebut harus dihitung dengan faktor penentu harian tunggal dan  hanan ganda. Pernyataan di  bawah ini yang paling benar adalah ...
a. Tipe pasang surut akan  berbanding lurus dengan komponen tunggal gaya tarik  bulan dan
berbanding terbahk dengan komponen tunggal gaya tarik matahari.
b. Tipe  pasang surut akan  berbanding lurus dengan komponen  tunggal gaya tarik  bulan   dan komponen tunggal gaya tarik matahari.
c. Tipe  pasang surut akan  berbanding lurus dengan komponen tunggal gaya tarik  bulan dan berbanding terbalik dengan komponen tunggal gaya tarik matahari.
d. Tipe pasut akan  berbanding terbalik dengan komponen tunggal bulan dan berbanding   lurus dengan komponen ganda  matahari.
e. Tipe pasut akan sebanding  dengan  komponen tunggal buIan dan  berbanding   lurus dengan komponen tunggal  matahari.

24. Air  laut  mengandung  3,5%  garam-garaman,  gas-gas  terlarut,  bahan-bahan  organik  dan  partikel - partikel  tak terlarut. Garam-garaman  utama yang memiliki konsentrasi tertinggi adalah ..
a. potasium
b. klcnda
c. natrium 
d. kalsium 
e. sulfat

25. Hutan  mangrove adalah  hutan yang terletak di kawasan  perairan  payau yang dipengaruhi  oleh aktivitas air laut.  Ciri-ctri yang dimiliki oleh hutan mangrove adalah sebagat berikut,  kecuali ..
a. Didominasi oleh tumbuhan  mangrove atau tumbuhan  bakau, yakni tumbuhan  yang mempunyai  akar mencuat ke permukaan
b. Tumbuh di kawasan perairan  payau, yakni perairan yang terdiri atas campuran air tawar dan
air asin
c. Sangat dipengaruhi oleh pasang surut air laut
d. Keberadaannya terutama di daerah yang mengalami  pelumpuran dan juga terjadr akumulasi bahan organik
e. Salinitas lumpur yang rendah

Esai  Oseanografi


,
 
2. Gelombang berasal dari laut dengan nilai tinggi gelombang (Ho) sebesar 2  meter pada kedalaman perairan 8 meter dengan periode gelombang 8 detik. Apabrla nilai g= 9,8 m/dt2  dan nilai  massa jenis air laut sebesar   ρ=l,025  kg/m3
a. Hitunglah panjang gelombang laut dalam
b. Hitunglah  kecepatan gelombang laut dalam 
c. Tentukan energi potensial gelombang
d. Hitunglah energi  kmetik gelombang

PANAS BUMI  SEBAGAI SUMBER  ENERGI  BERSIH

Panas  bumi  adalah  sumber  energi  panas yang  terkandung  di  dalam   air  panas,  uap  air,  serta batuan bersama  mineral  ikutan dan gas lainnya yang  secara genetik tidak  dapat dtptsahkan.   Sementara energi panas bumi  merupakan energi yang bersumber dari panas yang terkandung da1am perut burm dan pada umumnya  berasosiasi dengan  keberadaan gunung  api. Secara umum, pembentukan energt panas bumi berkaitan dengan  kegiatan vulkanisme dan mekanisme pembentukan  magma.

Sistem  panas   bumi  pada   suhu  tinggi   umumnva  terletak  di   sepanjang  zona  vulkanik punggungan pemekaran  benua,   di  atas  zona  subduksi,  dan  anomali  peielehan  di  dalam lempeng.  Batas-batas pertemuan lempeng merupakan pusat lokasi munculnya sistem hidrotermal. Perpindahan energt panas secara konduktif pada lingkungan tektonik lempeng, diperbesar oleh adanya gerakan magma dan sirkulasi hidrotermal.  Energi  panas bumi  adalah  sumber energi yang relatif ramah  lingkungan  karena  berasal  dari panas dalam  bumi.

Indonesia  adalah  negara  dengan jumlah  potensi  energt  panas bumi terbesar di dunia  dengan setidaknya 40%  dari total  potensi  di seluruh  dunia.  Berdasarkan data  Kementrian  ESDM,  setidaknya  terdapat 299 lokasi  panas  bumi dengan  total  28.207   MW  (ebtke.esdm.go.id).  Hal  tersebut terjadi  dikarenakan  letak Indonesia dalam kawasan ring of fire. Saat ini, pemanfaatan akan energi panas bumi baru sekitar 5 % atau 1.500  MW  dari  jumtah   keseluruhan  potensi  panas  bumi di  Indonesia.  Gambar  berikut  adalah  ilustrasi suatu sistem  panas bumi

SOAL OSP KEBUMIAN TAHUN 2019

Pilihan Ganda

26.   Lokasi  potensi  panas  bumi  yang ada  di  Indonesia  mengikuti  pola sabuk  cincin  api  (ring  of fire). Pernyataan-pernyataan  berikut berkaitan dengan daerah sabuk cincin api,  kecuali..
a. ring of fire  merupakan  sebutan  kawasan  yang dipenuhi  gunung  berapi  dan aktivitas  setsmik
seperti gem pa bumi
b. ring of fire rnengelilingi Samudera Atlantik
c. terdiri dari  pertemuan  berbagai  lempeng tektonik yang terus aktif bergerak
d. sebanvak 81% gempa-gernpa besar yang pernah terjadi  berasal dari  kawasan  ini
e. selam  pusat aktivitas gem pa, ternpat ini juga 'rumah' bag:  75% gunung berapi di dunia


27. Pada  proses partial melting  di daerah subduksi,  batuan yang telah mencapai panas yang cukup akan mengalarni  pele!ehan.  Pelelehan  tidak  terjadi  serempak  namun  hanya  sebagian  karena  batuan tersebut mengandung beberapa mineral dengan trtik leleh yang berbeda-beda. Mineral yang meleleh paling akhrr adalah mineral yang mempunyai ntik leleh tinggi yaitu lebrh dari 1.000 °C, yaitu golongan mineral dengan kandungan Ierromegnestan silikat tmggt.  Mineral yang termasuk di dalam golongan tersebut adalah ..
a. kuarsa
b. olivin
c. ha lit
d. gipsum

e. pint

27. Pada  proses partial melting  di daerah subduksi,  batuan yang telah mencapai panas yang cukup akan mengalarni  pele!ehan.  Pelelehan  tidak  terjadi  serempak  namun  hanya  sebagian  karena  batuan tersebut mengandung beberapa mineral dengan trtik leleh yang berbeda-beda. Mineral yang meleleh paling akhrr adalah mineral yang mempunyai ntik leleh tinggi yaitu lebrh dari 1.000 °C, yaitu golongan mineral dengan kandungan Ierromegnestan silikat tmggt.  Mineral yang termasuk di dalam golongan tersebut adalah ..
a. kuarsa
b. olivin
c. ha lit
d. gipsum
e. pint

28. Kolinit  adalah  salah  satu jenis mineral  lempung yang banyak ditemukan  sebagai  akibat pelapukan atau alterasi  hidrotermal dan mineral-mineral aluminosilikat, misalnya K-feldspar (KAISi308).  Proses hidrolisis  yaitu  proses  penggantian  ion  pada mineral  oleh H+ atau  OH + adalah  proses  yang umum terjadi  pada fenomena  di atas. Jika diketahui  reaksi kimia  perubahan K-feldspar menjadr  kaolinit ada1ah sebagai berikut 4 K-feldspar + 4H+  + 2H20  4 4K+ + kaolinit + 8 Si02

Apa rumus kimia kaolinit?
a.    Al4Si6O12{0H)s
b.    Al4Si4O10 (0H)a  
c.     Al4Si4O10 (OH)5
d.   Al4Si8O10(0H)6
e.    Al4Si4O12(QH)6

29. Terdapat em pat elemen  penting yang berpengaruh  dalam  sistem  panasbumi,  terutama  pada sistem panasbumi  hrdrotherrnal yang terdapat di  sebagtan  besar Indonesia  seperti tersebut di  bawah  ini, kecuali.
a. sumber panas
b. reservoir
c. batuan penutup
d. struktur geologi
e. fluida

30. Batuan yang  paling mungkm   berperan sebagat batuan  penutup (cap rock)  pada sistern panas bumi adalah ...
a. breksi
b. batupasir

c. konglomerat 
d. batulempung 
e. batugamping

31. Dalam istilah kegiatan eksplorasl panas bumi, batuan yang dapat menyimpan dan meloloskan air atau fluida  dalam  jumlah  yang  srgnifikan  karena  memiliki  porositas  dan  permeabilitas  yang  cukup  baik
disebut..
a. batuan rekahan 
b. batuan  reservoir 
c. batuan  penutup 
d. batuan  induk
e. batuan ubahan

32. Pada  daerah  yang berpotensi  panas bumi,  ditemukan  breksi  vulkanik yang  cukup  melimpah.  lstilah 'breksi' pada penamaan batuan digunakan untuk menunjukkan batuan dengan bentuk fragmen yang menyudut.  Bentuk menyudut  atau  membulat pada  fragmen penyusun   batuan sedimen dihasilkan pada saat proses  pembentukan batuan  sedimen vartu ..
a. transportasi
b. likuifaksi
c. desikasi
d. sementasi
e. litifikasi

Nah itulah 32 soal OSP kebumian yang kami tulis ulang, jika ingin mendapatkan soal selengkapnya bisa mengunjungi link berikut (Klik Disini)

Terimakasih telah berkunjung ke blog atau halaman kami, semoga bermanfaat bagi sobat sekalian. Jika ada kesalahan dalam penulisan dan lain sebagainya, admin mohon maaf dan jika ada diantara sobat yang ingin memperbaiki tulisan, mengoreksi, meberi saran, komentar, kritikan, ide dan lain sebagainya bisa dengan cara meninggalkan komentar dibawah atau bisa via email : sharelaju@gmail.com

GOOD LUCK







Post a Comment for "SOAL OSP KEBUMIAN TAHUN 2019"