Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

KULIAH DI JURUSAN STATISTIKA


Kuliah di Statistika merupakan bahasan pada post kali ini, semoga bermanfaat bagi pembaca, aamiin.
Nah para sobat pasti ingin tahu, apa sih statistika itu sebenarranya dan gimana kuliahnya ?
Statistika merupakan ilmu yang mempelajari bagaimana cara mengumpulkan data, merencanakan, menganalisis, menginterpretasi, dan juga termasuk meramalkan data. Dan bisa di simpulkan bahwa statistica adalah ilmu yang berkenan dengan data, sedangkan statistic adalah data, informasi, atau hasil penerapan algoritme statistika pada suatu data.
kuliah di statistik
sumber: Google
Statistika sendiriri terbagi menjadi dua macam, yakni :
  • Statistika Deskripsif : yaitu statistika yang berkenaan dengan bagaimana cara dapat di deskripsikan atau disimpulkan, baik itu secara numeric maupun secara grafis. Ini bertujuan agar data tersebut mudah dibaca dan bermakna.
  • Statistika Inferensial : yaitu berkenaan dengan pemodelan data dan melakukan pengambilan keputusan berdasarkan analisis data. Misalnya, pengujian hipotesis, melakukan estimasi pengamatan masa akan datang/prediksi, membuat permodelan hubungan dan sebagainya.

Statistika sendiri banyak dipakai dalam bermacam disiplin ilmu. mulai dari ilmu Alam, sosial, maupun dibidang bisnis, ekonomi, dan industry. Nah, kelebihan ornag kuliah disini adalah mampu membuat suatu program di software R dan Matlab, tak hanya itu mereka juga mampu mengolah fakta menjadi suatu data yang kemudia diolah, dianalisis dan kemudian menghasilkan data/informasi yang berguna dalam pengambilan keputusan, kemajuan, dan keadaan masa depan. Keren bukan kemampuan seorang Statistician ?

Nah ada 5 jurusan minat di statistika, ada yang penasaran ?
1. Metode Numerik dan Riset Operasional.
2. Analisis dan Perancangan Survey.
3. Metode Statistik Riset Pemasaran.
4. Pengendalian Mutu dan Kelayakan.
5. Metode Simulasi dan Permodelan Matematika.

Nah itulah sekilas tentang jurusan statistika, jika sobat berminat untuk kuliah di jurusan ini maka sudah bisa menyiapkan diri anda dari sekarang, guna untuk lulus di Universitas dan jurusan yang sahabat idamkan. Adapun beberapa jalur seleksi menuju bangku Perkuliahan :
·         Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri: SNMPTNSBMPTN DAN JALUR MANDIRI
·         Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri :  SPAN-PTKIN, UM-PTKIN DAN JALUR MANDIRI
·         Politeknik : PMDK PN, UMPN DAN JALUR MANDIRI
·         Poltekkes : PMDP, JALUR TES DAN JALUR MANDIRI

Semoga informasinya bermanfaat bagi sahabat blogger. Jika ada kesalahan dalam penulisan dan lainnya admin mohon maaf, dan jika sobat ingin memperbaiki tulisan admin, bisa dengan meninggalkan komentar atau bisa via Email : @mustakimhusaini69@gmail.com





1 comment for "KULIAH DI JURUSAN STATISTIKA"