Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kuliah di Jurusan Kimia


Kimia merupakan cabang dari ilmu MIPA yang mempelajari tentang susunan, struktur, sifat, dan perubahan materi. disini para mahasiswa akan mempelajari atau memperdalam ilmu kimia organik, kimia anorganik, biokimia, dan manajemen laboratorium.
Sumber : Google

Jurusan ini diminati oleh sebagian orang-orang tertentu sahaja, dikarenakan jurusan ini termasuk kedalam jurusan yang agak rumit, biasanya orang yang suka bereksperimen, bermain game dengan pelajaran. Jurusan ini tidak hanya terdapat di rumpun MIPA namun juga terdapat dirumpun Ilmu Pendidikan dan juga rumpun Ilmu Teknik.

Berikut adalah mata kuliah yang dipelajari di jurusan ini : Kimia Konstektual, Matematika Kimia, Fisika Dasar, Kimia Dasar, Keselamatan Kerja Laboratorium, Kimia Sumber Daya Alam Tropis, Ilmu Lingkungan, Kimia Fisika, Dasar-Dasar Kimia Analitik, Kimia Organik, Kimia Anorganik, Statistika Kimia, Pengantar Amdal, Analis Spektrometri, Biokimia, Kimia Industri, Metoda Kromatografi, Kinetika dan Katlisis, Struktur dan Kereaktifan Anorganik, Kimia Organik Fisik, Kimia Organik Bahan Alam, Kimia Kuantum, Elektroanalisis, Kimia Material, Penentuan Struktur Molekul Organik, Biotekologi, Kimia Komputasi, Kolokium Kimia, Praktikum, Mikrobiologi Industri, Kimia Analisis Bahan Makanan, Toksikologi Bahan Makanan, Fotokimia, Mineralogi, Kimia Inti dan Radiasi, Kimia Polimer.

Ilmu ini memiliki banyak manfaat, baik itu disektor pertanian, perkebunan, kesehatan, teknologi, pertahanan, dan beberapa sector lainnya. Oleh karena memiliki banyak manfaat dibanyak sector, lulusan Kimia  mempunyai lapangan kerja yang lumanyan banyak dan hampir terdapat di setiap instansi terkait, biasanya lulusan ini bekerja sebagai spesialis kontrol kualitas, peneliti, maupun research and development division.

Nah jika sobat tertarik dengan jurusan ini, agan bisa mendaftar dengan berbagai jalur masuk Perguruan Tinggi, berikut adalah beberapa jalur masuk Perguruan Tinggi :

1. Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri: SNMPTNSBMPTN DAN JALUR MANDIRI
2. Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri :  SPAN-PTKIN, UM-PTKIN DAN JALUR MANDIRI.
3. Jalur ketentuan Universitas/Perguruan tinggi

Dan ini point tambahan buat sobat yang ingin masuk di politeknik dan poltekkes:
*Politeknik : PMDK PN, UMPN DAN JALUR MANDIRI
*Poltekkes : PMDP, JALUR TES DAN JALUR MANDIRI
Semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat sekalian, jika da salah dalam penulisan kata atau lainnya saya mohon maaf dan jika sobat berkenan untuk memperbaikinya maka bisa dengan meninggalkan pesan di kolom komentar atau via email : mustakimhusaini69@gmail.com.

Post a Comment for "Kuliah di Jurusan Kimia"